Pages

Kemajuan Teknologi Pada Pendidikan

    Perkembangan ilmu dan teknologi terutama pada pendidikan saat ini terus bekembang.
Modernisasi pada pendidikan membuat segala sesuatunya menjadi lebih lancar dan mudah, beberapa faktor pendukung pendidikan adalah internet, fasilitas Wifi, dan komputer atau laptop yang dijadiikan sebagai penunjang kemajuan pada pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk terus-menerus mengikuti alur perkembangan ilmu dan teknologi yang kian berkembang pesat, karena pendidikan yang tetap pada instruksional kurikulum hanya akan menjadikan ketidak selarasanterhadap kemajuan teknologi yang semakin tak terhindarkan.
    Dengan pemanfaatan teknologi di dalam dunia pendidikan, diharapkan akan semakin memberdayakan proses belajar mengajar menjadi lebih kreatif dan kompetitif. Dalam konteks pendidikan, akhir-akhir ini telah banyak diperkenalkan model pembelajaran berbasis teknologi, sebagai contoh yang pertama adalah Pembelajaran berbasis Komputer, Komputer adalah alat yang kompleks dan mempunyai banyak kelebihan.untuk memanfaatkan teknologi komputer tersebut, dalam konteks pembelajaran, saat ini telah mulai banyak muatan-muatan mata pelajaran. Komputer bisa dirancang dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang terintegrasi dengan pembelajaran karena kelebihan yang dimiliki computer tersebut, atau sama halnya dengan teknologi komputer yang dapat dirancang dan dimanfaatkan di dalam aktifitas pembelajaran. Peran komputer dalam proses pembelajaran sangat berperan penting di dalam menyampaikan materi pembelajaran, karena berkaitan dengan semakin tingginya kebutuhan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak semuanya diperoleh dalam lingkungan sekolah. Contoh yang kedua adalah hadirnya fasilitas WiFi di dalam pendidikan. Faslilitas Wifi diharapkan mampu menambah motivasi belajar sehingga sistem pendidikan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Fasilitas tersebut dianggap penting karena dapat sangat memudahkandalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada pencarian materi - materi pendidikan atau tugas – tugas pada kegiatan pembelajaran. Peran teknologi komputer pada pendidikan sebelumnya memang tidak terlalu berpengaruh, namun saat ini pesatnya kemajuan teknologi jauh berpengaruh pada pendidikan karena pembelajaran pada pendidikan berhubungan erat dengan teknologi. Teknologi juga dapat menjadi sarana dalam memperbaiki mutu pendidikan yang terjadi saat ini melihat kualitas pendidikan indonesia yang masih rendah dibandingkan dengan negara – negara lainya.
   Yang ketiga adalah internet, Pada dasarnya, internet berfungsi sebagai media informasi. Seiring perkembangannya, internet sudah merambah menjadi media utama untuk membina pengetahuan baru dan meransang perkembangan pengetahuankhususnya pada pendidikan. Internet menyediakan informasi yang tak terbatas, melalui internet suatu pembelajaran dalam pendidikan menjadi sumber informasi yang dapatdimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran. Dengan adanya internet, maka dapat memudahkan mengerjakan tugas maupun untuk mencari berbagai informasi dan pengetahuan yang ada didalam internet. Penggunaan internet dalam pengajaran dan pembelajaran juga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar karena penggunaan internet sekarang yang cenderung kreatif dan tidak membosankan.       Dengan adanya internet juga sebagai sumber untuk memperluas wawasan dan sarana untuk bersosilaisasi, Internet bukanlah pengganti sistem pendidikan namun internet merupakan suatu media pelengkap dan sarana untuk mempermudah proses pembelajaran .Meskipun teknologi informasi komunikasi dalam bentuk komputer atauinternet telah banyak menunjang proses pembelajaran namun di sisi lain masih banyak kelemahan dan kekuranganya. Internet dapat menjadi media yang efektif apabiladiketahui dan dipelajari secara luas agar tujuan penerapan internet pada pendidikan dapat terlaksana dengan baik.
   Dengan adanya teknologi sekarang, dapat memberikan layanan tidak langsung, sebagai model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet atau biasa disebut dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Melalui teknologi seperti internet maka kualitas pendidikan akan semakin baik, proses pembelajaran semakin maju dan tidak ketinggalan

Source: http://edukasi.kompasiana.com/2013/01/16/kemajuan-teknologi-pada-pendidikan-525790.html

0 comments:

Post a Comment